Keamanan Data dalam Transaksi di Internet

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting dalam menggunakan layanan transaksi di internet, seperti perdagangan online dan internet banking. Pihak penyedia layanan harus menjamin keamanan para pengguna layanan mereka. Dalam hal ini, toko online atau bank harus menyediakan teknologi keamanan data sesuai standar, sehingga data-data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bisa kita bayangkan, jika seseorang menyusup ke komputer toko online atau bank melalui internet dan mencuri data-data konsumen, orang tersebut kemudian mentransfer dana nasabahke rekeningnya sendiri. Tentu saja, hal ini akan sangat merugikan konsumen dan nasabah yang kehilangan uangnya. Semua teknologi keamanan data yang ada wajib disediakan oleh penyedia layanan toko online atau internet banking. Hal ini untuk menjamin keamanan data transaksi yang dilakukan, sehingga pengguna jasa layanan mereka tidak dirugikan.

Selain tanggung jawab penyedia layanan, kita sebagai pengguna layanan toko online dan internet banking juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan data-data kita. Misalnya saja, kita harus menjaga nomor kartu kredit, user ID, dan password kita diketahui orang lain, hal tersebut dapat merugikan diri sendiri.

Beberapa hal yang diperlukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking adalah sebagai berikut:

* Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data, sehingga data kita tidak jatuh ketangan orang lain.
* Setelah selesai menggunakan layanan toko onlune atau internet banking, kita harus memastikan telah keluar dari layanan tersebut (logout) sebelum menutup browser atau meninggalkan kompter yang digunakan.
* Kita tidak boleh meninggalkan komputer kita jika kita sedang login di internet banking.
* Komputer kita harus dilengkapi antivirus yang selalu aktif dan up to date. Antivirus akan mencegah masuknya virus spyware yang dapat merekam dan mencurio data-data kita.
* Gunakan hanya komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking. Kita tidak boleh menggunakan komputer yang biasa diakses oleh orang lain, seperti warnet.
* Kita harus menjaga dengan aman informasi tentang nomor kartu kredit, user ID, dan password milik kita.

Facebook Twitter RSS