Microsoft Word

MEMAKAI VLOOKUP UNTUK TABEL BEDA SHEET DI MS EXCEL


Fungsi Vlookup sangat berguna jika anda mempunyai tabel referensi (lihat sheet2)yang sering digunakan pada tabel kerja (lihat sheet1). Jika anda mengubah nilai pada tabel referensi maka anda tidak perlu mengubah nilai pada tabel kerja, karena otomatis akan berubah sendiri mengacu pada tabel referensinya. Hal ini sangat efektif jika anda mempunyai banyak baris (lebih dari puluhan...

CARA MENGATUR BACKGROUNG TABLE & TEKS DI MS EXCEL 2003


Background tabel dapat diatur warnanya, demikian pula dengan teks sehingga bisa menonjolkan kolom atau baris tertentu.1. Blok sel A3 sampai G4Pada toolbar klik tombol Fill Color, pilih salah satu warna2. hasilnya akan tampal seperti gambar di bawah3. Untuk mengatur warna teks, misalnya blok sel B5 sampai B15, kemudian pilih tombol Font C0lor, pilih salah satu warna, maka teks...

MEMBUAT AUTONUMBER DI MS EXCEL 2003


Autonumber sangat penting dalam menghemat waktu mengetik data, jika data hanya sepuluh item mungkin autonumber tidak terlalu berguna tetapi jika data ada ratusan atau ribuan, maka autonumber sangat bergunaContoh pembuatan autonumber1. Buat angka yang berurut, misalnya 1 pada sel A5 dan 2 pada sel A6, atau 1 dan 3 (untuk autonumber kelipatan)Keterangan: sel A5 berarti (sel...

CARA MENGATUR ARAH PENULISAN MS EXCEL 2003


Terkadang dalam suatu penulisan teks diperlukan arah penulisan secara vertikal atau miring dengan sudut tertentu terhadap arah horisontal.Dalam bahasan kali ini kita akan mencoba mengatur arah teks pada sel B31. Klik sel B3, pada menu bar pilih Cells...2. Pada kotak dialog Format cells,Pada bagian Orientation klik titik merah dan geser ke arah yang diinginkanMisalnya arahnya...

CARA MENG-UNPROTECT FILE DI MS EXCEL 2003


Terkadang jika suatu saat suatu file excel yang telah kita password mungkin tidak perlu lagi di password. Maka anda bisa memanfaatkan fasilitas remove password excel (hal ini hanya berlaku jika anda masih ingat password (kode sandinya), karena jika tidak ingat passwornya anda harus menngunakan aplikasi lain untuk menghilangkan passwordnya)Dalam bahasan kali ini saya hanya...

MEMBUAT FREEZE PANE (JUDUL YANG TIDAK GERAK JIKA SCROLL DIGESER) DI MS EXCEL 2003


Freeze panes adalah sebuah fitur atau tools yang disediakan oleh Microsoft excel. Kegunaan fitur ini adalah membekukan sel atau baris tertentu, sehingga jika digeser maka sel yang di freeze (debekukan) tersebut akan tidak bergerak (statis) sedangkan baris (sell lainnya tidak bisa bergerak), Selain itu freeze juga dapat digunakan untuk membagi ruang kerja menjadi 4 bagian.Fitur...

BAGIAN-BAGIAN DALAM MS EXCEL 2003


Dalam lembar kerja Excel terdapat berbagai menu yan dapat membantu kita dalam membantu kita mengerjakan sebuah data yaitu: 1. Menu Bar :Berisi sederetan menu yang mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu yang mempunyai menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu jugg lainnya.2. Toolbar Standart :Berisi sederetan icon yang akan sering kita gunakan. Toolbar digunakan agar kita dapat memilih dan menjalan kan perintah dengan cepat dan mudah.3. Toolbar Formatting :Adalah toolbar...

ISTILAH-ISTILAH DALAM MS EXCEL 2003


1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D52. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut...

FUNGSI STRING DI MS EXCEL 2003


Macam-macam fungsi string : =LEFT (x,n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kiri sebanyak n karakter =RIGHT (x,n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kanan sebanyak n karakter =MID(x,m,n) : di gunakan untuk mengambil string di sel x yang pengambilannya dimulai dari hitungan ke m dari kiri sebanyak n karakte...

FUNSI STATISTIK PADA MS EXCEL 2003


COUNT : Menentukan banyaknya data, ex. = COUNT(A1;A6) atau = COUNT(A1..A6), yaitu menentukan banyaknya data dari sel A1 sampai A6. SUM : Menentukan total / jumlah data, ex. = SUM(A1;A6) atau = SUM(A1..A6), yaitu menjumlahkan data dari sel A1 sampai A6. AVERAGE : Menghitung nilai rata-rata, ex. = AVERAGE(A1;A6) atau = AVERAGE(A1..A6), yaitu menentukan rata-rata data dari sel A1 - A6. MAX : Menentukan nilai tertinggi, ex. = MAX(A1;A6) atau = MAX(A1..A6), yaitu mencari data tertinggi dari sel A1 sampai A6. MIN : Menentukan nilai terendah, ex. = MIN(A1;A6)...

INSERT & MODIFY CONTENT IN HEADERS & FOOTERS DI MS WORD 2003


Header dan footer adalah teks yang akan turut tercetak disetiap halaman dalam dokumen yang sedang anda buat. Header akan ditempatkan pada bagian atas dokumen, sedangkan footer akan ditempatkan dibagian bawah dokumen. Header dan footer selain dapat memperlihatkan nomor halaman, juga berguna untuk menampilkan judul bab, nama penulis, tanggal, nama file dan informasi lain yang anda ingin tampilkan. Untuk memasang atau menyunting header dan footer, ikuti langkah berikut ini: 1. Pilih dan klik menu View, Header and Footer. Dengan langkah ini...

MEMBERIKAN NOMOR OUTLINE PADA PARAGRAPH DI MS WORD 2003


Untuk memberikan nomor outline pada suatu paragraf, ikuti langkah berikut ini: Pilih (sorot) paragraf yang akan anda beri nomor outline. Atau tempatkan titik sisip pada baris kosong ditempat anda akan memulai pengetikan paragraf. Pilih dan klik menu Format, Bullets and Numbering. Pada Kotak dialog tersebut, klik tab Outline Numbered. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik jenis nomor outline yang anda inginkan. Klik OK...

MEMBUAT PARAGRAPH BERNOMOR / NUMBERED DI MS WORD 2003


Untuk membuat dan menempatkan paragraf bernomor, ikuti langkah berikut ini: Pilih (sosot) paragraf yang akan diubah menjadi paragraf bernomor. Atau tempatkan titik sisip pada baris kosong ditempat anda akan memulai paragaraf bernomor. Pilih dan klik menu Format, Bullets and Numbering. Pilih dan klik bentuk penomoran paragraf yang diinginkan. Klik OK...

MEMBUAT PARAGARAF BERBUTIR / BULLETED DI MS WORD 2003


Untuk membuat dan menempatkan paragraph berbutir (bullet), lakukan langkah berikut: Pilih (sorot) paragraph yang akan diubah menjadi paragraph berbutir (bullet). Atau tempatkan titik sisip pada baris kosong ditempat anda memulai pengetikan paragraph berbutir (bullet). Pilih dan klik menu Format, Bullet dan Numbering. Kotak dialog Bullet dan Numbering akan ditampilkan Pada dialog tersebut, klik tab Bulleted Lalu OK ...

INSERT & MODIFY TABLES DI MS WORD 2003


Tempatkan titik sisip di posisi yang anda inginkan. Pilih dan klik menu Table > Insert > Table. Kotak dialog table akan ditampilkan. Gambar kotak Insert Table 1. Pada tombol daftar pilihan Number of columns, tentukan jumlah kolom yang anda inginkan. 2. Jika jumlah baris dari table telah anda ketahui, pada tombol daftar pilihan Number of rows, tentukan jumlah baris yang anda inginkan. 3. Pada bagian AutoFit behavior, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan berikut ini: · Fixed Column width, jika lebar...

CREATE NEW DOCUMENT USING TEMPLETE DI MS WORD 2003


Pilih dan klik menu File lalu New. Jendela Task Pane – New Document di sebelah kanan ditampilkan. Pada bagian templates yang ada di Task Pane, pilih dan klik On my computer, kotak dialog templates ditampilkan. Pada kotak Create New, beri tanda atau klik tombol pilihan Template. Pilih dan klik ikon template yang akan anda jadikan dasar pembuatan template baru. Klik Ok. Dengan langkah ini dokumen template dengan nama default template1 ditampilkan memakai template yang anda pilih. Masukkan teks yang ingin anda tampilkan pada setiap dokumen yang menggunakan...

INSERT & MODIFY HYPERLINKS DI MS WORD 2003


Halaman web menggunakan hyperlinks (links) sebagai cara cepat untuk melakukan tugas seperti membuka halaman web yang lain, downloading sebuah file, atau mengirim sebuah e-mail.1. Tandai dan Klik kanan salah satu kata, dan klik hyperlink pada shortcut menu. Kotak dialog insert hyperlink akan muncul, menampilkan isi dari Addinglink folder.2. Pada daftar folder dan nama file, klik (jangan klik dua kali) file lain yang kita akan link, dan klik Target Frame. Kotak dialog set target frame akan muncul dengan Page Default (none) sebagai frame...

INSERT, EDIT & VIEW COMMENT DI MS WORD 2003


Komentar (comment) adalah tempat yang cocok untuk menyimpan pertanyaan dan catatan untuk anda sendiri atau orang lain yang ikut melakukan review terhadap dokumen. Komentar ini akan ditampilkan jika anda mengarahkan penunjuk mouse ke bagian dokumen yang diberi komentar. Untuk menyisipkan sebuah komentar atau catatan pada suatu bagian dokumen, ikuti langkah berikut ini:1. Pilih teks atau bagian dokumen yang akan anda beri komentar atau tempatkan titik sisip pada teks tersebut.2. Pilih dan klik menu Insert lalu Comment untuk menyisipkan...

MENCARI & MENGGANTI TEKS DI MS WORD 2003


Pada suatu dokumen yang besar tentu kita akan kesulitan untuk mencari suatu kata tertentu atau mencari sambil mengganti kata/kalimat tersebut secara langsung. Anda jangan khawatir jika mengalami hal ini, karena untuk tujuan ini Word 2003 telah menyediakan dua fasilitas, yaitu ; Find dan ReplaceFind, digunakan untuk mencari suatu kata/kalimat tertentu berdasakan kriteria yang ditentukan. Untuk mengaktifkan fasilitas ini kita tinggal klik menu Edit lalu klik Find, maka akan keluar jendela find sbb;keterangan :1. Pada...

MENG-COPY, MENGHAPUS & MEMINDAHKAN TEKS DI MS WORD 2003


A. Meng-copy TeksUntuk meng-copy suatu teks dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut;2. Tandailah teks yang akan dicopy3. Klik menu Edit lalu klik Copy (atau klik icon copy )4. Pindahkan titik sisip (insertion point) ke lokasi pengcopian.5. Klik menu Edit lalu klik Paste (atau klik icon paste)Selain cara tersebut di atas, Anda dapat juga menyalin teks degan menggunakan mouse, berikut;1. Tandai teks yang akan dicopy dengan mouse2. Klik mouse kiri...

Facebook Twitter RSS