Konten pada Kategori "Artikel TIK"

Artikel TIK »

[26 Oct 2011 | No Comment | 54 views]
Seiring dengan tidak terbendungnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet, kemudahan, kecepatan, dan kestabilan akses situs menjadi prioritas yang tidak bisa disepelekan. Berbagai layanan terobosan kian bermunculan baik yang free/opensource maupun yang komersial.
Teknologi CDN (Content Delivery Network) menjadi salah satu solusi untuk berbagai pertimbangan mulai dari keamanan, opstimasi, kecepatan akses dll.

Artikel TIK »

[17 Nov 2010 | No Comment | 76 views]
Bagi yang sudah terbiasa dengan teknologi website, CDN atau Content Delivery Network atau Content Distribution Network mungkin bukan istilah yang asing. Pada umumnya, CDN ini sering digunakan oleh situs yang menyediakan data atau konten dengan trafik yang sangat tinggi sehingga dibutuhkan kecepatan akses data oleh setiap pengunjungnya.
Yang sering kita jumpai misalnya YouTube, Facebook atau Twiter. Mereka menggunakan CDN supaya semua konten baik itu gambar, video dll bisa diakses dengan cepat dari seluruh penjuru dunia.
Apa itu CDN?
CDN atau Content Delivery Network atau …

Artikel TIK »

[12 Oct 2010 | No Comment | 352 views]
Bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan transaksi online di internet tentunya mengharapkan proses tersebut berjalan lancar dan tentunya tidak kalah penting adalah harus aman. Hal ini bisa kita lihat di beberapa site Internet Banking atau E-commerce.
SSL merupakan protokol standar web untuk mengenkripsi komunikasi data antara pengguna dengan site yang diakses. Lalu lintas data melalui sambungan SSL akan di enkripsi sehingga akan menghindari resiko sabotase atau pencurian data. Misalnya data username, password, data kartu kredit dll.
Secara umum site yang menggunakan SSL ini bisa dilihat dari …

Artikel TIK »

[13 Aug 2010 | 2 Comments | 245 views]
Content Filtering berbasis DNS yang sebelumnya pernah saya bahas adalah OpenDNS, sebagai salah salah satu alternatif untuk saringan situs-situs yang berbau porno, sara, phising dan konten-konten negatif lainnya. Selain OpenDNS, perlu diketahui juga bahwa Komunitas Warnet/Awari dan beberapa pihak yang tertarik membantu inisiatif Internet yang bersih, aman dan sehat membangun konsep yang sama yang lebih dikenal dengan nama Nawala Project. Bahkan dimungkinkan juga bagi kita untuk mengusulkan suatu situs tertentu yang dianggap memenuhi syarat untuk dimasukan ke dalam database Nawala.
Singkatnya, dengan menggunakan …

Artikel TIK, Internet, Internet Umum, Komunitas Cianjur, Network, Serba-serbi, Wisata »

[2 Aug 2010 | No Comment | 456 views]
Sosial Media atau Jejaring Sosial di dunia maya (internet) mengalami perkembangan yang sangat cepat. Mungkin beberapa dari anda sangat familiar dengan Sosisal Media seperti Facebook , Twitter, atau Plurk bahkan mungkin saat ini sedang heboh dengan video “Keong Racun – Jojo & Sintha” di Youtube atau dengan Sosial Media atau jejaring yang lainnya.
Bagi saya yang awam dan jarang sekali mengakses internet, belakangan ini sedang tertarik dengan Foursquare. Foursquare menggabungkan antara interaksi sosial dengan pendekatan lokasi (location based networking website) dan Sistem Informasi Geografi/Geographic Information System (SIG/GIS). Memang bukan hal yang aneh …

Artikel TIK »

[31 Jul 2010 | No Comment | 62 views]
Artis Jajang C Noer kecolongan. Akun Yahoo Messenger (YM) dan Facebook miliknya dibobol oleh orang tak dikenal. Tidak hanya itu, sejumlah rekan Jajang sempat dimintai uang oleh sang pelaku. Bagaimana cara menghindarinya?
Menurut analis antivirus dan keamanan komputer dari PT Vaksincom, Alfons Tanujaya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan soal pengamanan akun milik pribadi. Terutama terkait kepemilikan kata sandi atau password.
“Kalau saya lihat kemungkinan Mbak Jajang passwordnya one far all. Ini yang perlu diperhatikan, nanti kalau dapat password yahoo, dapat semua. Poin …

Artikel TIK »

[31 Jul 2010 | No Comment | 72 views]
Untuk keperluan olah gambar, tak selalu harus menggunakan piranti lunak ala Photoshop. Berikut adalah 4 situs web yang bisa digunakan sebagai ‘pengganti’ Photoshop.
Aplikasi Photoshop dar Adobe sudah jadi sinonim dengan kegiatan mengolah gambar. Saking identiknya, sebuah gambar yang dimanipulasi secara digital kerap disebut ‘photoshopped’ alias ‘sudah di-photoshop’.
Photoshop mungkin piranti lunak yang paling kaya kemampuan dalam hal ini. Namun, sesungguhnya, Photoshop bukan satu-satunya piranti lunak yang bisa digunakan untuk mengolah gambar.
Sekadar menyebut saja, ada piranti lunak alternatif seperti TheGimp alias GNU Image …

Artikel TIK »

[24 Jul 2010 | One Comment | 290 views]
Blog memang bukan istilah yang baru bahkan kini menjadi suatu hal yang akan wajib ditanyakan dikala mendapat teman baru atau bertemu dengan teman lama. Lewat blog lah biasanya kita mencurahkan setiap tulisan baik artikel, berita atau bahwa curhat.
Cukup basa-basinya ok kita langsung saja dengan Blogger/Blogspot. Sebagai salah satu layanan yang kini dimiliki oleh Perusahaan Raksasa Google tentunya menjadi alasan banyaknya Blogger menggunakan layanan ini. Dengan menggunakan layanan blog dari blogger.com, kita akan memperoleh sebuah subdomain dari blogspot.com. Misalnya saya bisa menggunakan …

Artikel TIK »

[24 Jul 2010 | No Comment | 243 views]
Saat ini saya menggunakan Eclipse PHP sebagai IDE (integrated development environment) untuk membuat website termasuk blog ini . Secara keseluruhan Eclipse PHP telah memenuhi kebutuhan meski belum semua fitur dimanfaatkan secara maksimal. Untuk Eclipse sendiri nanti akan dibahas diposting berikutnya , berhubung saat ini lagi dapet mood untuk nulis tentang Aptana Studio.
Aptana Studio mendukung beberapa platform seperti Mac OS, Linux dan Window$. Kita juga bisa memilih apakah standalone atau yang terintegrasi dengan Eclipse. Saat ini saya sudah mencoba Aptana Studio 2 …

Artikel TIK »

[26 May 2010 | No Comment | 96 views]
JW Image Rotator (dibangun dengan Adobe Flash) memungkinkan Anda untuk menampilkan foto dalam urutan dengan transisi seperti cairan. Mendukung rotasi RSS, XSPF atau ASX playlist dengan JPG, GIF, dan gambar PNG, berbagai FlashVars (variabel) untuk tweaker baik perilaku dan penampilan dan extensive JavaScript API.

Facebook Twitter RSS