Konten pada Kategori "Artikel TIK"

Artikel TIK »

[25 Mar 2010 | No Comment | 358 views]
Google Chrome OS adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Google Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010. Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus. Antarmuka penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet.

Artikel TIK, Internet, Network, Software »

[16 Dec 2009 | No Comment | 137 views]
Semoga informasi ini masih bisa memberikan manfaat Setelah sebelumnya kita mengetahui adanya OpenDNS yang memberikan layanan public DNS kini google juga meluncurkan layanan free alias gratis yakni Google Public DNS. Secara prinsip, hampir sama seperti OpenDNS yakni memberikan layanan resolver request domain. Perbedaan mendasar yakni disisi fiturnya.
OpenDNS memberikan layanan filtering sedangkan Google Public DNS tidak. Tidak ada salahnya apabila kita mencoba sekaligus menguji ketangguhan dari layanan ini. Caranya pun sangat mudah dan tidak akan memberikan resiko berarti. Untuk menggunakan layanan ini caranya sangat mudah.
Setiap menggunakan layanan internet, maka …

Artikel TIK »

[29 Oct 2009 | No Comment | 119 views]
Berawal dari permintaan salah satu SMU di Cianjur dalam rangka peningkatan SDM dalam membuat bahan ajar berbasis web. Banyak alat bantu/software yang bisa digunakan, namun terlepas dari itu perlu diperhatikan juga efesiensi dan latar belakang audience yang tidak sama dalam menggunakan software HTML Editor sehingga terlintas sebuah software yang bernama eXe (elearning XHTML editor), akhirnya pilihan jatuh ke eXe setelah rencana sebelumnya menggunakan Dreamweaver
Apa itu eXe ? Merupakan aplikasi berbasis web yang dirancang untuk mengembangkan dan mempublikasikan bahan ajar berbasis web, tanpa harus memiliki pengetahuan mengenai HTML …

Artikel TIK »

[2 Aug 2009 | One Comment | 196 views]
Manfaat akun PayPal yang berstatus “verified” adalah:
Anda dapat mengirimkan uang dalam jumlah yang tak terbatas jika status Anda adalah terverifikasi, namun transfer dana Anda akan terbatas jika masih berstatus belum terverifikasi.
Anda dapat melakukan withdraw PayPal jika sudah terverifikasi. Dengan kata lain, Anda tidak dapat melakukan withdraw jika akun Anda masih berstatus “unverified”.
Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, proses verifikasi bukanlah masalah. Anda tinggal mengikuti semua prosedur dan dapat dipastikan akun PayPal Anda akan terverifikasi. Namun bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit, proses verifikasi ini menjadi masalah yang serius.
Solusi bagi …

Artikel TIK »

[12 Jul 2009 | No Comment | 95 views]
Pencarian
Untuk memasukkan kueri ke dalam Google, ketikkan saja beberapa kata deskriptif dan tekan tombol ‘enter’ (atau klik tombol Google Search) untuk mendapatkan daftar hasil yang relevan.
Google menggunakan teknik kedekatan kata untuk mencari halaman-halaman yang penting dan relevan dengan pencarian Anda. Sebagai contoh, ketika Google menganalisa suatu halaman, Google melihat halaman-halaman lain yang melink ke halaman tersebut yang menerangkannya. Google juga suka halaman yang di dalamnya mendekati kata-kata yang Anda cari.
Kueri “and” Otomatis
Google hanya memberikan hasil halaman yang mengandung semua kata yang Anda cari. Tidak perlu menggunakan kata “dan”. Untuk membatasi …

Artikel TIK »

[28 Jun 2009 | No Comment | 75 views]
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search
Engine Optimization, biasa disingkat SEO)
adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang
bertujuan untuk meningkatkan volume
dan kualitas trafik
dari mesin pencari menuju alamat
situs web
tertentu dengan memanfaatkan mekanisme
kerja alami algoritma
mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu
alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman
pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis,
alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki
peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai
media bisnis,
kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi
teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang …

Artikel TIK, Web/Blog »

[28 Jun 2009 | No Comment | 23 views]
WordPress 2.8 Parantos Sayogi! Waw! .. sebenarnya sudah cukup lama mengetahui Wordpress berbahasa sunda, cuma baru sekarang aja punya banyak waktu nge-Blog sehingga nggak ada salahnya di repost hee. Hatur nuhun buat kang Dadan Nasrullah yang telah kreatif membuat versi Bahasa Sunda untuk wordpress.

Artikel TIK »

[16 Jun 2009 | No Comment | 11 views]
Bagi situs/web/blog yang menyediakan layanan umum yang sudah besar tentunya harus senantiasa menjamin webnya senantiasa up sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Kendala mulai dari sistem dan teknis jaringan sering menjadi hal yang paling utama tidak bisa diaksesnya suatu website diluar kegiatan maintenance baik dari sisi aplikasi maupun dari sisi teknis data center, server dll
Untuk memastikan up tidaknya website ada beberapa tools gratis yang bisa kita gunakan setidaknya untuk memperoleh informasi awal mengenai up atau tidaknya website kita.
Secara umum, setiap layanan memberikan kita beberapa pilihan service yang ingin kita pantau …

Artikel TIK »

[28 Apr 2009 | No Comment | 42 views]
Asynchronous JavaScript and XMLHTTP, atau disingkat AJaX, adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability. Ajax merupakan kombinasi dari:
DOM yang diakses dengan client side scripting language, seperti VBScript dan implementasi ECMAScript seperti JavaScript dan JScript, untuk menampilkan secara dinamis dan berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan
Objek …

Artikel TIK »

[14 Apr 2009 | No Comment | 325 views]
Conficker (aka Downadup, Kido) dikenal memblokir akses ke lebih dari 100 web anti virus dan situs Web Security.
Test dengan menggunakan images ini bisa membantu anda apakah pc yang anda gunakan sudah terinfeksi Virus Conficker atau Terbebas dari virus tersebut.
Gambar 1, 2 dan 3 diambil dari situs antivirus dan web security sedangkan Gambar 4 dari Web 3c.
KETERANGAN
Apabila Gambar 1, 2, 3 dan 4 muncul, berarti komputer Normal/Komputer bebas dari conficker, baik melalui proxy ataupun tidak.
Apabila Gambar 1 dan 3 tidak muncul, berarti komputer kemungkinan besar terinfeksi Virus Conficker Variant A/B

Facebook Twitter RSS