Konten pada Kategori "Artikel TIK"

Konten pada Kategori "Artikel TIK"

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 13 views]
Hampir semua lisensi dari perangkat lunak dirancang untuk merebut kebebasan anda dan mengubahnya. Sebaliknya, Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License) bertujuan untuk menjamin kebebasan anda untuk berbagi dan mengubah perangkat lunak bebas — untuk menjamin bahwa perangkat lunak tersebut tetap bebas bagi penggunanya. General Public License ini dapat diberlakukan terhadap hampir semua perangkat lunak Free Software Foundation dan program lain apa pun yang penciptanya mau menggunakan Lisensi ini. (Beberapa perangkat lunak Free Software Foundation lainnya menggunakan GNU Library Public License.) Anda dapat memberlakukannya terhadap program Anda juga.
Ketika kita …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 12 views]
Copyleft merupakan metoda umum untuk membuat sebuah program menjadi perangkat lunak bebas, serta menjamin kebebasannya untuk semua modifikasi dan versi-versi berikutnya.
Cara termudah untuk membuat sebuah program bebas ialah meletakkannya di public domain (18k huruf) tanpa hak cipta. Jika berniat baik, cara ini memang dapat menjadi sarana saling berbagi program serta melakukan perbaikan. Namun tanpa niat baik, ada kemungkinan untuk mengubah program tersebut menjadi perangkat lunak berpemilik (18k huruf). Dengan sedikit (atau banyak) perubahan, program tersebut dapat didistribusikan kembali sebagai perangkat lunak berpemilik. Orang yang menerima program yang telah diubah tersebut …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 4 views]
Q. Apa itu Lisensi Software ?
A. Lisensi Software adalah software yang legal digunakan oleh perusahaan maupun individual baik di lingkungan kerja maupun di rumah. Dengan menggunakan software yang berlisensi, berarti anda boleh menggunakan secara legal dan aman.
Q. Seperti apa penggunaan software secara ilegal ?
A. Software dikatakan ilegal jika cara mendapatkannya/pembeliannya tidak melalui jalur yang resmi. Penggunaan software yang tidak pada aturannya juga dianggap sebagai pelanggaran atau yang dikenal dengan istilah piracy.
Q. Apa saja yang disebut dengan pembajakan software ?
A. Ada 5 jenis pembajakan software diantaranya :
End-user …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 13 views]
Banyak cara mengoptimalkan kecepatan loading suatu web. Diantaranya dari sisi pengoptimalan penggunaan dan pemakaian gambar. Beberapa hal berikut ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan, pada saat kita sampai kepada bagian pemakaian/penempatan gambar didalam suatu proses developing web.
Gunakan tipe file yang tepat pada gambar
Untuk gambar-gambar gradasi dan fotografi pergunakan format .jpeg, untuk gambar-gambar berwarna block gunakan .gif atau png. Untuk format .gif usahakan menggunakan warna sedikit mungkin dan untuk format .jpeg gunakan kualitas field Quality Settig yang paling tepat. (Mengenai optimizing ini dapat dilakukan dengan menggunakan Software Adobe Photoshop dan akan diterangkan …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 34 views]
Ada dua macam tipe tampilan tata letak didalam dunia web disain, yaitu fixed width dan variable width.
Fixed width adalah tampilan web dengan komposisi yang tetap dan tidak berubah di semua resolusi monitor pengunjung
Contoh http://www.mamboawards.com/ Variable width adalah tampilan web dengan komposisi yang berubah mengikuti perubahan resolusi monitor pengunjung.
Contoh http://www.mamboserver.com
Mendesain website dengan fixed width
Mendesain website dengan fixed width berarti kita harus bersiap-siap dengan presisi yang pas. Di awal, kita mungkin sedikit akan dipusingkan dengan angka-angka berikut presisi ukuran.
Apa bila kita memulai dengan sebuah table, kita harus siap dengan angka-angka pembagian colom …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 73 views]
eyeOS : Web Based Desktop System adalah produk teknologi berbasis web yang ditujukan sebagai perangkat kerja dilingkungan Dekstop. Produk ini dapat digunakan baik di Internet maupun Intranet. Produk ini gratis untuk digunakan dan juga merupakan produk Open Source.
Untuk menggunakan produk ini melalui internet anda dapat menggakses eyeOS Public Server (http://www.eyeos.info/). Dan daftarkan diri anda dengan membuat eyeOS User Account.
Bila anda ingin menggunakannya dalam lingkup Intranet anda maka anda dapat mendownload Source Aplikasinya disitus resminya (http://www.eyeos.org/Downloads/)
sumber : http://www.hinamagazine.com
————————————
Instalasinya mudah dan setelah dicoba eyeOS bisa mengakomodir kebutuhan2 kita di internet maupun di …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 90 views]
Banyak pertanyaan dari teman-teman, terutama para operator warnet, admin jaringan sekolah/kampus dan korporasi tentang load balancing dua atau lebih koneksi internet. Cara praktikal sebenarnya banyak dijumpai jika kita cari di internet, namun banyak yang merasa kesulitan pada saat diintegrasikan. Penyebab utamanya adalah karena kurang mengerti konsep jaringan, baik di layer 2 atau di layer 3 protokol TCP/IP. Dan umumnya dual koneksi, atau multihome lebih banyak diimplementasikan dalam protokol BGP. Protokol routing kelas ISP ke atas, bukan protokol yang dioprek-oprek di warnet atau jaringan kecil.
Berikut beberapa konsep dasar yang sering memusingkan:
1. …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 186 views]
BAGIAN I
Ada banyak persamaan dan ada pula banyak perbedaan antara Linux dan Windows. Mari kita lihat beberapa perbedaan yang ada di Linux dan Windows.
User Interface
Di Windows, Anda tidak banyak memiliki pilihan user interface. Sebagai misal, di Windows 95/98 Anda hanya mengenal user interface bawaan Windows 95/98. Anda sedikit lebih beruntung jika menggunakan Windows XP, karena Anda bisa berpindah dari interface milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan.
Di Linux, Anda bisa menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau …

Artikel TIK »

[26 Mar 2009 | No Comment | 150 views]
Setiap platform sistem operasi komputer punya standar yang berbeda-beda dalam implementasi jaringan komputernya. Standar komunikasi antarkomputer ini disebut dengan istilah protokol. Platform Unix, Linux, dan Sun Solaris menggunakan protokol jaringan NFS (Network File Sharing), platform Novell Netware memakai protokol jaringan IPX, sedangkan Microsoft Windows menggunakan protokol jaringan NetBIOS (Network Basic Input-Output System).
Di luar masing-masing protokol jaringan yang diterapkan oleh berbagai sistem operasi, ada satu protokol komunikasi jaringan dan internet yang sifatnya global, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Umumnya, beberapa mekanisme kerja dan spesifikasi pada TCP/IP diadopsi oleh protokol jaringan …

Facebook Twitter RSS